Layanan Keanggotaan

foto1
foto1
foto1

Anggota Perpustakaan STKIP PGRI Sumatera Barat adalah :

  1. Civitas Akademika STKIP PGRI Sumatera Barat (mahasiswa, dosen dan karyawan) yang masih aktif didalamnya
  2. Masyarakat umum diluar STKIP PGRI Sumatera Barat, termasuk alumni (Non Civitas Akademika )

Cara menjadi anggota Perpustakaan STKIP PGRI Sumatera Barat adalah dengan mendaftar di bagian administrasi Perpustakaan STKIP PGRI Sumatera Barat. Syarat untuk melakukan pendaftaran (aktivasi) keanggotaan adalah :

Untuk anggota Civitas Akademika STKIP PGRI Sumatera Barat,
pendaftaran (aktivasi) keanggotaan dilakukan dengan menyerahkan beberapa persyaratan sebagai berikut :

 

MAHASISWA

1. ANGGOTA BARU :
a) Menunjukkan Kartu Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku
b) Menyerahkan pas photo 3 x 4 atau 4x 6  sebanyak 1 lembar (untuk mahasiswi memakai  kerudung/jilbab bagi muslim)

c) Membayar biaya administrasi Rp. 10.000,-

2. ANGGOTA LAMA
Berlaku pada anggota perpustakaan yang ingin mengganti Kartu Anggota Perpustakaan (KAP) karena hilang/rusak
a) Menunjukkan Kartu Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku
b) Menyerahkan pas photo 3 x 4 atau 4x 6  sebanyak 1 lembar (untuk mahasiswi memakai kerudung/jilbab bagi muslim)
c) Membayar biaya administrasi Rp. 10.000,- (untuk kartu yang hilang)

 

DOSEN / KARYAWAN
a) Menyerahkan pas photo 3 x 4 atau 4x 6 sebanyak 1 lembar
b) Biaya administrasi Rp 10.000,-

Catatan : Kartu anggota perpustakaan berlaku selama yang bersangkutan masih berstatus sebagai mahasiswa, dosen atau karyawan STKIP PGRI Sumatera Barat, dan harus melakukan registrasi (aktivasi ulang) setiap tahun.

Online Resources

Online resources (sumber-sumber online) yang disediakan perpustakaan STKIP PGRI Sumatera Barat meliputi:

 

1. Skripsi, Tesis dan Disertasi
Bab 1 Skripsi hingga penutup bisa di acces secara bebas di alamat pustaka.stkip-pgri-sumbar.ac.id dengan meng klik E_Skripsi.Koleksi ini dapat dibaca dan diakses secara penuh dengan menggunakan akun user dan password yang dimiliki setiap mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat yang aktif, dan tentu saja file tersebut sudah diproteksi. Sedangkan Tesis dan Disertasi dapat dibaca ditempat dengan minta petunjuk pustakawan setempat.

 

2. E-Journal
Adalah kumpulan artikel jurnal, meliputi jurnal terbitan STKIP PGRI Sumatera Barat dan jurnal international yang dilanggan oleh Perpustakaan

Artikel Jurnal STKIP PGRI Sumatera Barat

Semua artikel jurnal terbitan STKIP PGRI yang yang disediakan, dapat diunduh (download) secara bebas dan gratis di alamat http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/

Artikel Jurnal Internasional

Adalah kumpulan database jurnal international yang dilanggan oleh Perpustakaan STKIP PGRI Sumatera Barat. Database tersebut antara lain: ProQuest, Ebsco, Elsevier, Garuda, ScienceDirect, Gale Group dan Springerlink. Keseluruhan database tersebut dapat diakses melalui website perpustakaan di http://pustaka.stkip-pgri-sumbar.ac.id/baik dari lingkungan kampus ataupun di luar kampus.

 

Layanan Referensi adalah layanan yang diberikan kepada pemustaka, yang bertujuan untuk membantu mereka dalam penelusuran informasi rujukan. Melalui layanan referensi ini pemustaka dibantu untuk menemukan dan menelusuri informasi secara lebih spesifik dengan pilihan subyek yang lebih luas. Cara mendapatkan koleksinya bisa langsung tanya kepada petugas setempat.

 

Koleksi Referensi Terdiri dari:

1. Ensiklopedia

2. Kamus

3. Direktori dan lainnya

 

Layanan Koleksi Karya Ilmiah (KKI) adalah layanan yang diberikan kepada pemustaka, berkaitan dengan hasil tulisan ilmiah (penelitian) yang dilakukan civitas akademika STKIP PGRI Sumatera Barat dalam bentuk cetak. Layanan KKI ini digunakan oleh pemustaka sebagai bahan rujukan untuk mengembangkan dan menulis penelitian-penelitian yang baru. Ketentuan penggunaan koleksi skripsi dan tesis boleh difotocopy bab 1, Abstrak dan daftar pustaka, sedangkan untuk koleksi hasil penelitian boleh difoto copy keseluruhan isi.

Khusus untuk jenis koleksi skripsi, selain bentuk cetak disediakan juga bentuk softcopy yang bisa dipinjam kepada petugas.

 

 

Layanan koleksi cadangan adalah layanan yang menyediakan koleksi buku-buku teks yang merupakan cadangan dari seluruh judul yang dimiliki perpustakaan STKIP PGRI Sumatera Barat. Hal ini berarti jika buku teks yang ada di lantai 2 gedung A habis terpinjam, pemustaka masih dapat mencari dan menggunakan buku tersebut dilayanan koleksi cadangan. Tujuan dari layanan ini adalah prinsip ketersediaan (availability) buku-buku teks bagi pemustaka. Koleksi yang cadangan hanya bisa dibaca ditempat, di fotokopi dan di scan.