Perpustakaan STKIP PGRI Sumatera Barat Menuju Teknologi Digital

foto1
foto1
foto1

Kumpulan E_Jurnal

 

untuk username & password harap
hubungi petugas perpustakaan

Kumpulan E_Books


Perpustakaan merupakan suatu sarana pembelajaran yang dapat mencerdaskan bangsa, apabila bangsa tersebut benar-benar memanfaatkan TIK dalam perpustakaan. Perpustakaan memiliki peranan penting sebagai jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan yang sekaligus menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan dan menyegarkan. Perpustakaan memberi kontribusi penting bagi terbukanya informasi tentang ilmu pengetahuan. Sedangkan perpustakaan sekolah merupakan jantung bagi kehidupan aktifitas akademik, karena dengan adanya perpustakaan dapat diperoleh data atau informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan.

 

Kondisi perpustakaan sekolah masih kurang berkembang sesuai dengan fungsi dan peranannya. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, perpustakaan harus menjadi sarana aktif/interaktif dan menjadi tempat dihasilkannya berbagai hal baru. Untuk mewujudkan kondisi perpustakaan sesuai dengan fungsi dan peranannya maka perpustakaan harus dirubah sistem eksperionalnya dari perpustakaan manual/tradisional menjadi perpustakaan yang berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi (Perpustakaan digital).

Dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi diharapkan setiap perpustakaan sekolah secara bertahap dapat mengejar ketinggalannya dari perpustakaan-perpustakaan yang lebih maju dan lebih modern serta dapat mengoptimalkan fungsi perpustakaan bagi masyarakat sekolah.

Pemanfaatan TIK memang tidak akan menyelesaikan seluruh persoalan yang ada pada unit sekolah-sekolah maupun masyarakat luas. Namun, apabila mengabaikannya sama dengan mengabaikan aspek penting bangunan peradaban bangsa. Hal ini karena bangunan peradaban memang setidaknya terdiri dari dua aspek yaitu fisik dan non-fisik.

Perpustakaan digital adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer. Jenis perpustakaan ini berbeda dengan jenis perpustakaan konvensional yang berupa kumpulan buku tercetak, film mikro (microform dan microfiche), ataupun kumpulan kaset audio, video, dll. Isi dari perpustakaan digital berada dalam suatu komputer server yang bisa ditempatkan secara lokal, maupun di lokasi yang jauh, namun dapat diakses dengan cepat dan mudah lewat jaringan komputer.

Pemanfaatan TIK terhadap perpustakaan:

 

Pemanfaatan TIK sebagai sarana dalam meningkatkan kualitas layanan dan operasional telah membawa perubahan yang besar di perpustakaan. Perkembangan penerapan TIK dapat diukur dengan diterapkannya sistem informasi manajemen perpustakaan dan perpustakaan digital. Sistem informasi manajemen perpustakaan atau otomasi perpustakaan merupakan pengintegrasian bidang administrasi pengadaan, Inventarisasi, katalogisasi, pengelolaan, sirkulasi, statistik dan manajemen perpustakaan lainnya. Saat ini untuk mengikuti perkembangan manajemen perpustakaan dan memenuhi tuntutan kemajuan teknologi perpustakaan sudah mulai menggunakan otomasi perpustakaan untuk pengelolanya.

Pemanfaatan TIK pada perpustakaan digital sangat berperan dalam memperlancar segala hal yang berhubungan langsung dengan pelayanan-pelayanan perpustakaan. Perpustakaan mempunyai peran yang sangat penting dan sebagai penunjang pembelajaran, apabila dikelola dengan sungguh-sungguh oleh pengelola akan memberikan dampak positif bagi pengguna atau user. Diwujudkannya perpustakaan modern (digital) dan dapat memberikan kesempatan kepada pengguna mengembangkan pengetahuannya secara mandiri. Walaupun Membangun perpustakaan digital bukan suatu pekerjaan yang mudah. Perencanaan dan studi kelayakan secara teknis, ekonomis, dan sosial harus dilakukan. Namun demikian apabila kita berhasil membangun perpustakaan digital secara baik, niscaya citra perpustakaan akan semakin meningkat. Citra yang baik harus kita upayakan secara terus menerus.

Perpustakaan dapat dijadikan sebagai sarana alternatif pembelajaran mandiri. Perbaikan manajemen merupakan strategi memperbaiki citra perpustakaan, sehingga perpustakaan menjadi sebuah pusat informasi yang modern dan profesional. Sehingga akan terwujud segala hal tentang perpustakaan digital di masa sekarang. Dengan menerapkan dan memanfaatkan TIK dalam  perpustakaan digital, kita berharap sekolah dapat mewujudkan bentuk perpustakaan yang modern sehingga bermanfaat serta dapat ikut mencerdaskan anak bangsa karena perpustakaan digunakan sebagai sarana memperoleh informasi untuk dasar mengembangkan ilmu pengetahuan dan sebagai sarana yang menunjang pembelajaran.

 

 

JAM LAYANAN

 
Monday
-
Friday
Open 07.30 AM   07.30 AM
       
Close 18.00 PM   18.00 PM
       
  Saturday    
Open 07.30 AM    
       
 Close 12.00 AM    
       

 

Statistik Pengunjung

094507
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
5
73
218
93661
1572
3397
94507

Your IP: 54.159.44.54
Server Time: 2018-11-21 00:09:13